BUKTI SEJARAH KERETA API RIAU

               BUKTI SEJARAH  KERETA API DI RIAU

  Sebuah lokomotif tua yang sudah berkarat, terdapat di kebun cokelat warga di Lipat Kain


SEBUAH LOKOMOTIF TUA YANG SUDAH BERKARAT, TERDAPAT DI KEBUN COKLAT WARGA DISEKITAR LIPAT KAIN - See more at: http://www.riaudailyphoto.com/2011/05/napak-tilas-kereta-api-di-riau.html#sthash.I58Hjqau.dpuf
                                                         Kondisi Lokomotif di kebun Warga


Sebuah Replika yang menunjukkan sebuah jalur Kereta api Sumatera, di dalam replika tersebut  terdapat penunjuk arah ke Pekanbaru dan juga ke muaro.

 Tragedi kemanusiaan yang terjadi di rimba Sumatera pada Zaman Jepang pada perang dunia ke II yang terekam dalam karangan Henk Hovinga Yang berjudul : " The Sumatera Railroad : Final Destination Pekan Baroe 1943 - 1945.

 Monumen Lokomotif Di Marpoyan Pekanbaru, diresmikan pada tanggal 17 agustus 1958

                                             Bukti bahwa di Riau paernah ada Lokomotif.

 Sebuah Monumen The Sumatera Railway Yang terdapat di National Memorian Arboretum di Staffhordshire Inggris


                          Tugu Makam Pahlawan Yang tidak Jauh dari Monumen Kereta Api.

                                                           Sumatera Railway Pekanbaroe

                            Lokasi Camp Pekerja Pembuat rel Kereta Api  " The Death Railway "

                Kondisi Camp para Pekerja Pembangunan Jalur Kereta Api Sumatera Railway

                    Sebuah Buku Yang bercerita Tentang Jalur kereta Api Pekanbaroe - Muaro
Sebelum Perang Dunia II pemerintah kolonial Belanda telah membuat rencana pembangunan jaringan jalan rel kereta api yang menghubungkan pantai timur dan pantai barat Sumatera, yang akhirnya akan meliputi seluruh pulau Sumatera. Jalur Muaro ke Pekanbaru adalah bagian dari rencana itu. Tapi hambatan yang dihadapi begitu berat, banyak terowongan, hutan-hutan dan sungai serta harus banyak membangun jembatan. Karena belum dianggap layak, rencana itu tersimpan saja di arsip Nederlands-Indische Staatsspoorwegen (Perusahaan Negara Kereta Api Hindia Belanda). - See more at: http://www.riaudailyphoto.com/2011/05/napak-tilas-kereta-api-di-riau.html#sthash.I58Hjqau.dpuf




Sumber :  
http://www.riaudailyphoto.com/2011/05/napak-tilas-kereta-api-di-riau.html
http://www.cofepow.org.uk/pages/asia_sumatra2.html#sthash.I58Hjqau.dpuf
http://www.cofepow.org.uk/pages/asia_sumatra2.html#sthash.I58Hjqau.dpuf
http://www.cofepow.org.uk/pages/asia_sumatra2.html#sthash.I58Hjqau.dpuf




Sebelum Perang Dunia II pemerintah
Sebelum Perang Dunia II pemerintah kolonial Belanda telah membuat rencana pembangunan jaringan jalan rel kereta api yang menghubungkan pantai timur dan pantai barat Sumatera, yang akhirnya akan meliputi seluruh pulau Sumatera. Jalur Muaro ke Pekanbaru adalah bagian dari rencana itu. Tapi hambatan yang dihadapi begitu berat, banyak terowongan, hutan-hutan dan sungai serta harus banyak membangun jembatan. Karena belum dianggap layak, rencana itu tersimpan saja di arsip Nederlands-Indische Staatsspoorwegen (Perusahaan Negara Kereta Api Hindia Belanda). - See more at: http://www.riaudailyphoto.com/2011/05/napak-tilas-kereta-api-di-riau.html#sthash.I58Hjqau.dpuf
NAPAK TILAS KERETA API DI RIAU

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

ICON KOTA AIR JOMAN

SEJARAH DESA LUBUK PALAS

SEJARAH TUAN SYEKH SILAU