SEJARAH DESA LUBUK PALAS

                                                   SEJARAH DESA LUBUK PALAS

         
               Desa Lubuk Palas adalah Bagian dari Kecamatan Sei Laut Kabupaten Asahan  Provinsi Sumatera Utara, awalnya desa Lubuk Palas Bagian dari wilayah Kecamatan Air Joman sebelum adanya pemekaran wilayah. Pada Tahun 1991 Lubuk Palas pernah di percaya sebagai tuan rumah PEPENDESNAS ( Pekan Penerangan Pedesaan Nasional ) yang di hadiri oleh banyak wakil - wakil dari seluruh indonesia, Pada tahun itu Lubuk Palas Sudah membuktikan sebagai desa yang makmur dengan di bangun nya beberapa sarana Pemerintahan, Pendidikan, Agama yang cukup baik.
Penduduk Lubuk Palas  terdiri dari bermacam - macam suku, yang lebih dari 60% penduduknya adalah Petani, Sumber penghasilan nya adalah kopra, Cokelat (kakao), kelapa Sawit dan banyak lagi.
Desa lubuk Palas tidak terlepas dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam membela negara dengan di buktikan  ada nya Tugu Perjuangan  di Desa Lubuk Palas yang terletak di kuburan Sarang Elang dan adanya Saksi sejarah yang masih hidup (Veteran ) di Lubuk Palas. 
Berdasarkan cerita dari orang - tua dahulu asal mula nama Desa Lubuk Palas karna di desa ini saat itu banyak di tumbuhi Pohon Palas ( Sejenis Seperti Pohon Aren/Enau ) dari ini lah asal usul nama Lubuk Palas.
            Berdasarkan sumber yang saya dapat Lubuk Palas Pertama kali di buka pada Tahun 1926 di tahun itu menurut cerita Lubuk Palas Masih Hutan Belantara sehinggga banyak orang - orang tua dulu yang tidak sanggup untuk membuka kampung lubuk Palas. berdasarkan sumber yang di dapat yang pertama kali masuk untuk membuka lubuk palas adalah Orang tua dari Alm. Atok Muis ( ASS ), 
H. Adnan, Alm H.M.Ishaq ( dari Tanjung Morawa ), Tok Hasan Warino ( Keluarga  H.M Rasyid )
H. Ismail ( Dari Pematang ) dari ini semua lah  terbentuk 3 Dusun( Dusun 1, 2, dan 3 ) di Lubuk Palas. Jika di lihat dari silsilah penduduk Lubuk Palas ternyata merupakan Keluarga Besar.

            Sampai saat ini Lubuk Palas tidak berhenti untuk membuktikan sebagai salah satu desa terbaik mewakili Provinsi Sumatera Utara di tingkat Nasional yg dilaksanakan di Jakararta Agustus 2013 dengan menyingkirkan lebih dari ratusan Desa yang ada di Provinsi Sumatera Utara. 
Ayo warga Indonesia hususnya Pemuda - pemuda mari kita jadikan  desa kita lebih dikenal di mata Indonesia dengan meningkatkan kreatifitas dan pendidikan serta SDM yg lebih baik lagi. Yang pastinya jauhi hal - hal yang dapat merugikan diri kita dan orang lain. Tetap berfikir positif dan orang Jadi yang Baik dari yang Terbaik. 


Sumber : Cerita dari Orang tua di Lubuk Palas  ( Alm Kek Safari, Atok Asmani, Alm. Kek Bukhori, 
                Alm. Atok H.M. Ishaq )
       
Dokumentasi :

Kantor Kepala Desa Lubuk Palas

Dulunya Lapangan Helikopter tahun 1991 PEPENDESNAS

Lapangan Sepak Bola Lubuk Palas

Pemakaman Umum Sarang Olang

Mesjid Taqwa Lubuk Palas

Sarasehan (Pekan Jumat ) Lubuk Palas

SD Muhammadiyah Lubuk Palas

Simpang Empat Lubuk Palas

SLTPN Lubuk Palas

                  

Comments

Popular posts from this blog

ICON KOTA AIR JOMAN

SEJARAH TUAN SYEKH SILAU